Ultimated

Berita Terkini | Kumpulan Kata Mutiara | Bijak | Zodiak Hari Ini

Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik

contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar Terbaru banyak di cari di internet. nah kali ini admin berbagi surat lamaran kerja yang di gunakan saat melamar di bank. Alhamdulillah keterima berkah surat lamaran kerja ini

contoh surat lamaran kerja ini tidak jauh beda dengan literatur lainnya tapi ada hal terpenting saat membuat lamaran kerja yaitu rapi, bersih, singkat, padat dan jelas. Surat Lamaran Kerja yang baik tentu akan mendapat nilai positif, misalnya sobat bisa membuat kata katanya dengan sopan dan baik dengan tata susunan kata yang rapi dan tidak membingungkan.


nah maka dari itu ada beberapa hal yang mesti sobat perhatikan dalam menulis contoh surat lamaran kerja,

contoh surat lamaran kerja

1. Data pribadi anda
  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon / HP
  • E-mail (tidak wajib)
  • Status Perkawinan

2. Pendidikan
Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
Pendidikan non formal seperti halnya kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti.

3. Pengalaman bekerja
Jika anda telah memiliki pengalaman kerja, sebutkan dalam surat lamaran, apakah sesuai dengan jabatan yang dilamar atau di bidang lain. Bila anda belum pernah bekerja sebaiknya menyebutkan kemampuan untuk jabatan yang dilamar berdasarkan kemampuan yang anda miliki.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
  • Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  • Foto copy Ijazah terakhir
  • Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  • Pas Foto terbaru
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib)
  • Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib)


Berikut ini adalah beberapa tips dan trik saat menulis dan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik :

Impresif

Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Untuk Menarik minat calon atasan,
Kesan pertama sangat penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita

Menyebutkan kualifikasi yang diraih

Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.

Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat

Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.

Kalimat yang efektif

Hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung “yang” secara berulang-ulang dan berlebihan.

Bahasa Indonesia saja

Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah “nilai plus” bagi kita.

Tujuan dan alasan melamar

Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.

Kerapihan

Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tip-ex.

Tulisan tangan atau komputer ?

Lebih baik menggunakan komputer, kecuali perusahaan yang kita tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis dengan tangan.  Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal.

Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar

KepadaYth.
Departemen HRD _______________

di tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan pada acara job fair yang diadakan di DBL Arena pada tanggal 28-29 September 2011, saya merasa memenuhi kriteria untuk menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya bermaksud mengajukan lamaran untuk menjadi
Saya telah menyelesaikan studi dan dinyatakan lulus dari Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya pada bulan September 2011 dengan IPK 3,07 dan akan melaksanakan wisuda pada tanggal 9 Oktober 2011. Selama menjalani studi, saya aktif dalam berbagai kegiatan akademik, pelatihan, dan organisasi kemahasiswaan. Saya juga mampu mengoperasikan Microsoft Office, software design, dan programming seperti yang saya cantumkan pada Curriculum Vitae.
Sebagai pertimbangan, saya merupakan orang yang pekerja keras, mampu bekerja dalam tim, mampu bekerja dibawah tekanan, mampu bekerja sama dengan baik, dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam bekerja.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Pasfoto terbaru 4x6,
2. Foto copy KTP,
3. Foto copy SKL,
4. Sertifikat-sertifikat.
Saya menyadari bahwa surat lamaran maupun Curriculum Vitae yang terlampir belum menjelaskan kualifikasi saya secara mendalam. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan adanya suatu kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detail tentang potensi saya.
Demikian surat lamaran ini dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Surabaya, 29 September 2011
Hormat saya,

Muhammad Syaifullah

semoga surat lamaran kerja ini atau contoh surat lamaran kerja bermanfaat bagi yang sedang refresnsi lewat internet
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori surat lamaran kerja dengan judul Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ultimatedwnload.blogspot.com/2013/01/contoh-surat-lamaran-kerja-yang-baik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Saturday, January 19, 2013

Belum ada komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik"

Post a Comment